tak-iya.com – Anchor pesssena telor, itulah pepatah madura yang artinya rugi, bangkrut, rusak, pokoknya sesuatu yang menunjukkan kekacauan.

Cuma sebenarnya bukan itu yang ingin disampaikan.. hehe. Ada pelajaran yang bisa dipetik dari sebutir telur. Kita tahu bahwa telur merupakan barang lemah, mudah pecah.

Namun sejatinya hanya ada dua hal yang bisa memecahkan telur. Apa bei itu?

1. Telur pecah dari luar

Jika telur pecah dari luar penyebabnya adalah karena adanya tekanan atau stress dari luar yang menekan telur sehingga kulit bagian paling luar tertekan, hancur dan kemudian turut menghancurkan bagian isi dalamnya.

Hal ini bisa diartikan bahwa lingkungan yang ada disekitar kita, seringkali menjadi faktor penghambat bahkan penghancur ide baru yang sedang digagas.

Jika kita mempunyai ide, gagasan yang bagus, dengan modal, pengetahuan, pengalaman yang cukup akan membuat cangkang dari ide-ide kita akan menjadi semakin kuat. Jangan kwatir dengan segala hambatan dari luar.

2. Telur pecah dari dalam

Jika telur pecah dari dalam, artinya telur sudah melahirkan sesuatu yang baru, yaitu kehidupan anak ayam yang siap tumbuh dan berkembang.

Maksudnya adalah jika kita ingin membuat sesuatu yang baru seharusnya berasal dari semangat dan motivasi dari dalam kita sendiri, bukan karena ikut-ikutan atau karena terpaksa.

tak-iya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here